Mohon Tunggu ...

Mohon Tunggu ...

Summary “Sosialisasi Panduan Pelaksanaan CHSE Kemenparekraf RI”

Summary “Sosialisasi Panduan Pelaksanaan CHSE Kemenparekraf RI”

“Sosialisasi Panduan Pelaksanaan CHSE Kemenparekraf RI”
Kolaborasi Kemenparekraf, PHRI Jabar dan STP Bandung.

Tgl. 19 agustus’20
Tempat: Grand Mercure Hotel, Setiabudi, Bandung
—————————
CHSE (Cleanliness, Health, Safety & Environmental Sustainability) = Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan dan Kelestarian Lingkungan

Narasumber : Herbin Saragi – Deputi bid. SDM & Kelembagaan Kemenparekraf
Topik ; Beradaptasi dg Tatanan Kehidupan Baru dlm Persiapan Mewudujkan INDONESIA CARE pada Hotel & Restoran
Tanya Jawab ;
model & skema CHSE Kemenparekraf di bagi dalam 4 tahap ;
1. Juni-juli’20 : Penyusunan Panduan CHSE
2. Agustus’20 : Implementasi CHSE
3. Sept-des’20 : Verifikasi CHSE
4. Sept-des’20 : Labelling/Sertifikasi INDONESIA CARE dg masa berlaku 1 tahun.

– tgl. 19 agustus’20 ini adalah sosialisasi pelaksanaan panduan CHSE
– akan dilaksanakan sosialisasi Verifikasi & Labelling/sertifikasi Indonesia Care pd bulan selanjutnya
– verifikasi & Labelling/sertifikasi dirumuskan dan dilaksanakan oleh Kemenparekraf bersinergi dg Lembaga Sertifikasi.
Kemenparekraf berupa tim terpadu nasional/tim provinsi (tim terdiri dari unsur pemerintah, asosiasi, akademisi).
– verifikasi & labelling/sertifikasi Indonesia Care adalah bersifat subsidi tidak dipungut biaya (free) bagi Hotel & Restoran. Realisasi masih menunggu terbitnya Kepmenparekraf ttg kebijakan anggaran dan teknis pelaksanaannya.
– hotel & restoran diharapkan tetap menerapkan panduan CHSE baik sebelum maupun sesudah proses Labelling Indonesia Care tsb (panduan CHSE Kemenparekraf sudah di publish pertengahan Juli 2020).

——————–

Narasumber : Pudin Saepudin – tim penyusun Panduan CHSE
Topik ; Panduan Pelaksanaan CHSE Hotel & Restoran
Tanya Jawab ;
– pokok materi dalam Panduan terdiri dari ;
1. Tentang Panduan
Menjelaskan ttg mengapa perlu panduan, untuk siapa panduan disusun dan pokok materi panduan.

2. Panduan Umum
Merupakan panduan kebijakan umum hotel & restoran/rumah makan serta panduan yg harus dilakukan tamu dan karyawan, serta pihak lain ketika beraktivitas di seluruh area hotel dan restoran/rumah makan.

3. Panduan Khusus
Merupakan panduan yg berlaku di area tertentu, sesuai alur pelayanan di hotel & restoran/rumah makan. Terbagi 3 kelompok ;
a) panduan bagi pengusaha dan pengelola
b) panduan bagi tamu
c) panduan bagi karyawan (termasuk supplier, vendor, kontraktor).

Panduan khusus bersifat kebutuhan protokol dasar/minimal dan berlaku general. Masing” perusahaan dapat melakukan rekayasa/penyesuaian sesuai kondisi lokal dan kesanggupan perusahaan.

Untuk Panduan Silakan mengunduh dari link yang telah kami disediakan

Panduan CHSE Hotel dan Restoran 2020 : http://bit.ly/PanduanCHSE2020

Semangat Berjuang Insan Pariwisata Indonesia,
#indonesiatangguh
#salamsehatpariwisataindonesia
#jabarsehat

Haturnuhun/PHRI Jabar

Related Events