Mohon Tunggu ...

Mohon Tunggu ...

Staycation Masih Menjadi Tren Liburan di Tengah Pandemi

Staycation Masih Menjadi Tren Liburan di Tengah Pandemi

JALAJAHNUSAE.com – Larangan perjalanan internasional maupun nasional yang diterapkan oleh pelbagai negara membuat berlibur menjadi sulit untuk dilakukan.

Selain itu, kekhawatiran akan terkena virus selama liburan juga semakin membuat masyarakat sulit berlibur di tengah pandemi Covid-19.

Kedua kondisi inilah yang lantas memicu tren wisata staycation di masyarakat. Cara liburan ini dipilih lantaran tidak perlu membuat masyarakat pergi jauh ataupun mendatangi kerumunan.

Mereka tetap dapat menikmati momentum santai dengan menikmati berbagai fasilitas yang ditawarkan oleh pihak penginapan seperti hotel dan vila.

Epidemiolog dari Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman mengatakan, staycation yang semakin digandrungi masyarakat selama pandemi memang tidak dapat dihindari.

Setahun sudah pandemi berlangsung bersamaan dengan sejumlah pembatasan, jelas membuat masyarakat menjadi jenuh.

Staycation sendiri menurutnya dapat dipilih oleh masyarakat sebagai opsi liburan ketimbang bepergian ke tempat-tempat wisata yang berpotensi menimbulkan kerumunan.

Namun demikian, ia memberikan beberapa catatan agar pelaksanaan staycation tetap aman dan terhindar dari virus korona.

“Yang pertama, jelas pastikan tempat menginap yang akan dipesan telah menerapkan protokol kesehatan dan memiliki prosedur pencegahan penularan Covid-19,” katanya seperti dikutip jalajahnusae.com dari Lokadata.id, Jumat (19/3/2021).

Selain itu pastikan juga bangunannya memiliki area yang cukup luas agar wisatawan bisa saling menjaga jarak satu sama lain.