Jika PPKM Diperpanjang, Tolong Perhatikan Ekonomi Warga

Hari Terakhir PPKM, AKAR: Jika Diperpanjang, Tolong Perhatikan Ekonomi Masyarakat

KLIKNUSAE.com – PPKM Level 4 masuk ke penghujung batas masa berlaku. Asosiasi Kafe dan Restoran (AKAR) Bandung meminta pemerintah bijak dalam menentukan keputusan.

Sebagaimana diketahui, PPKM Level 4 telah beberapa kali diperpanjang oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hari ini, Senin 9 Agustus 2021, merupakan hari terakhir perpanjangan sebagaimana ditentukan oleh presiden.

Ketua AKAR Bandung, Arif Maulana mengatakan bahwa tidak ada yang menjamin bahwa persebaran virus Covid-19 khususnya di Bandung mereda. Di beberapa negara, lanjut Arif, bahkan saat ini kembali memberlakukan lockdown karena kasus Covid-19 yang naik.

Dirinya menambahkan, Indonesia sendiri belum yang belum pernah memberlakukan lockdown, ada kemungkinan untuk memperpanjang program pembatasan. Ia berharap pemerintah melakukan evaluasi agar kebijakan yang dibuat (jika PPKM diperpanjang lagi) harus memperhatikan dari segala aspek. Khususnya kesehatan dan ekonomi.

“Kalau nanti pemerintah memperpanjang PPKM, berikan pula kebijakan yang selaras antara kesehatan dengan ekonomi,” kata Arif saat wawancara via telepon, Senin, 9 Agustus 2021. “Evaluasi, PPKM kemarin kan banyak yang dirugikan dalam hal ekonomi, nah kalau mau perpanjang lagi harus perhatikan solusi untuk ekonomi masyarakat,”

BACA JUGA: 45 Negara Akui Vaksin Sinovac untuk Turis, Bagaimana dengan Indonesia?

Ia pun mengungkapkan bahwa pemutusan mata rantai Covid-19 ini penting. Salah satunya melalui daya imunitas warga yang terjaga. Pemerintah seharusnya memperhatikan hal tersebut.

Kan imun warga harus kuat dan terjaga,  kalau seperti kemarin warga malah stres, mikir besok makan apa,” ungkapnya.

Ia mengatakan bahwa seluruh pihak pemerintah harus bekerjasama agar menciptakan kebijakan yang selaras.

“Harus kerjasama antara pemerintah daerah, hingga ke pusat,” pungkas Arif.