Mohon Tunggu ...

Mohon Tunggu ...

Disbudpar Kota Bandung Apresiasi Sari Ater Kamboti Angkat Kuliner Lokal

Disbudpar Kota Bandung Apresiasi Sari Ater Kamboti Angkat Kuliner Lokal

BANDUNG, Jalajahnusae.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung, Jawa Barat mengapresiasi Sari Ater Kamboti Hotel & Convention yang telah mengangkat kuliner lokal. Dengan menghadirkan makanan tradisional khas Bandung maka akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

“Tadi saya sempat mencoba Steak Maranggi dengan saus yang benar-benar otentik. Ini bisa sangat menjual karena memang citra rasanya mewakili kearifan kuliner lokal, utamanya Kota Bandung,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari kepada Jalajahnusae.com, Jumat malam (11/12/2020).

Kenny hadir dalam Launching Bandung Authentic Barbeque di Cendana Resto Sari Ater Kamboti Hotel di Jalan Lemah Neundeut No 7.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Kenny Dewi Kaniasari saat melihat langsung chef menyajikan makanan tradisonal dalam acara Bandung Authentic Barbeque di Resto Cendana, Sari Ater Kamboti & Convention, Jumat malam (11/12/2020). (Foto: Jalajah Nusae/adhi)

Didamping General Manager Sari Ater Kamboti Hotel Yulianto Hardjoutomo dan Corporate General Manager Sari Ater Hotel & Resort Iwan Rismawardani Kenny mengemukakan Sari Ater Kamboti Hotel bisa menjadi contoh penting dalam upaya mengangkat kekhas-nya makanan tradisional, khususnya di Kota Bandung dan Jawa Barat secara umum.

“Kami berharap ke depannya, Sari Ater Kamboti bisa terus menyajikan makanan yang betul-betul memiliki kearifan lokal Bandung. Dengan demikian, wisatawan yang datang ke Kota Bandung memiliki pilihan saat menginginkan jajanan atau makanan lokal (Bandung),” tambah Kenny.

Selain itu, kreativitas chef yang menghadirkan story makanan dalam bentuk QR Code menjadi sesuatu yang bisa makin mengenalkan sejarah makanan Jawa Barat.

Foto: Adhi

“Tadi saya dengar Chef-nya juga akan menggunakan QR Code. Kalau di scan nanti akan keluar tampilan cerita dibalik makanan tersebut. Nah, ini kan merupakan satu atraksi yang bagus sekali ya untuk wisatawan, terutama dari daerah luar atau bahkan dari luar negeri,” tambah Kenny.

Menurut Kenny, apa yang sudah dihadirkan Sari Ater Kamboti Hotel bisa menjadi contoh bagi hotel-hotel lainnya untuk menampilkan kreasi makanan lokal.

Foto: Adhi

“Karena ini sebetulnya sudah menjadi program Pemkot Bandung. Pak Wali Kota bahkan pernah mengeluarkan surat edaran, dimana salah satunya adalah terkait makanan dan minuman tradisional di hotel dalam rangka menampilkan ke khas-an kuliner lokal,” paparnya.

Sementara itu General Manager Sari Ater Kamboti Hotel Yulianto Hardjoutomo mengatakan bahwa event Bandung Authentic Barbeque akan selalu digelar setiap sepekan sekali.

“Kami akan menghadirkan menu makanan tradisional setiap hari, pada  Jumat malam. Tentu dengan berbagai varian yang berbeda. Event ini diharapkan bisa menjadi salah satu pilihan wisatawan yang ingin berlibur di Kota Bandung,” katanya.

Dari kiri-kanan, General Manager Sari Ater Hotel & Convention Yulianto Hardjoutomo, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kenny Dewi Kaniasari dan Corporate General Manager Sari Ater Hotel & Resort Iwan Rismawardani. (Foto: adhi)

Ditempat yang sama, Executive Chef Sari Ater Kamboti Hotel Agus Budiana mengungkapkan selama ini baberque di hotel selalu identik dengan western. Untuk kali ini ia menawarkan ikon yang berbeda yakni menjadi makanan tradisional.

“Karena kulturnya Bandung (Jawa Barat), saya mencoba menyajikan makanan khas dari orang tua dulu. Misalnya, ada Nasi Oncom, Mie Kocok, Gorengan, Cuanki, Seblak dan yang lainnya. Termasuk sambelnya, ada sambel cobek. Ini supaya mengena di lidah masyarakat kita,” katanya. (adh)

Source link